Selasa, 06 Mei 2014

Mengedalikan Nafsu Dengan Berpuasa

Mengendalikan Nafsu dengan Bepuasa


TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM

Dalam talkshow yang digelar oleh Tribun Batam tersebut, hadir ustad Muhith Marzuqi sebagai narasumber dan dipandu moderator dari Tribun Batam, Candra P. Pusponegoro. Pada talkshow ini ustad Muhith mengangkat tema tentang Puasa adalah cara jihad yang paling baik untuk mengendalikan hawa nafsu.

Menurutnya, puasa merupakan salah satu cara pengendalian nafsu yang terbaik. Sebab dalam diri manusia terdapat bermacam-macam nafsu, seperti nafsu amarah, lawwamah, sufiah dan nafsu lainnya. Dengan menjalankan puasa, umat Islam akan berlatih menjadi disipilin dan terkendali.

“Puasa bisa menjadikan manusia lebih tunduk kepada hal-hal yang lebih baik sebab ketika perut lapar dan mulut dahaga maka seluruh kondisi jiwa raga menjadi lemas. Semua keinginan manusia akan tertahan dengan sempurna,” ujarnya.
Untuk itu, tujuan puasa adalah menekan seluruh proses kinerja pikiran, otak dan tenaga. Artinya dengan menahan sejak waktu subuh hingga magrib berbuka adalah proses yang panjang. Jika selama 30 hari mereka menjalankan rutinitas dengan sungguh-sungguh maka dijamin akan terbentuk sebuah karakter yang mulia.

“Tiga puluh hari berpuasa itu cukup berat bagi yang menjalankannya, namun yakinlah bahwa dalam proses ini manusia akan terbiasa dengan hal-hal yang lebih positif dan bagus. Sehingga nafsu yang ada di dalam hati manusia akan menjadi tunduk dan taat kepada peraturan Allah akibatnya dia akan menjadi baik,” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar